Powered by Blogger.
RSS

Cara Kerja Modem

    Modem berfungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog maupun sinyal analog diubah menjadi sinyal digital. Pengubahan sinyal dilakukan ketika modem digunakan sebagai alat atau media komunikasi jarak jauh antarkomputer.
    Misalnya, komputer A dan komputer B akan melakukan komunikasi. Setiap komputer tersebut memiliki modem untuk akses internet. Data komputer A berupa sinyal digital diubah menjadi sinyal analog. Dengan memanfaatkan kabel telepon, pengubahan bentuk sinyal dapat dilakukan. Sinyal analog dikirimkan ke modem komputer B sebagai modem penerima. Sinyal analog yang diterima modem B akan diubah menjadi sinyal digital. Pengubahan sinyal dilakukan agar sinyal terbaca komputer B. Sinyal digital dibaca komputer B sebagai data kirim. Oleh karena menggabungkan kemampuan modulator dan demodulator, modem dapat melakukan komunikasi 2 arah.
    Komputer yang terkoneksi modem dapat digunakan untuk mengakses internet. Dengan demikian, komputer tersebut dapat berkomunikasi dengan komputer lain yang terhubung internet. Bagaimana kita mengukur kecepatan transfer data? Pengukuran dilakukan dengan satuan bit per detik (bit per second atau bpd). Saat ini kamu dapat memperoleh modem dengan kecepatan transfer data hingga 7,1 Mbps.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment